SYARAT DAN KETENTUAN

Terima kasih telah mengakses situs atau mengunduh, menggunakan layanan, produk dan/atau Aplikasi Ayopop dan mempercayakan uang dan informasi data diri anda kepada PT Ayopop Teknologi Indonesia selaku pemilik dari Aplikasi Ayopop. Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda. Untuk itu, Kami perlu Anda membaca dan menyetujui langkah-langkah yang Kami terapkan untuk menjaga kepercayaan Anda, yang Kami jabarkan dalam syarat dan ketentuan dibawah ini. Dengan melanjutkan mengakses, mengunduh atau menggunakan Aplikasi Ayopop, Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca dengan teliti, memahami, menerima dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi Ayopop melalui mitra penyedia platform lain yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kami dan menggunakan Aplikasi Ayopop sebagai salah satu metode pembayaran (“Partner Ayopop”).

  1. Definisi

    1. “Aplikasi Ayopop”  adalah aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran tagihan dan pembelian produk digital yang Anda unduh (download) sehingga Anda masuk pada Laman ini atau Syarat dan Ketentuan, yang saat ini dikenal dengan merek, nama, logo dan/atau tanda yang dikenal dengan  “Ayopop” atau merek, nama, logo dan/atau tanda lainnya dan hanya dapat di download pada perangkat Android dan iOS
    2. AyoSaldo” adalah Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Ayopop sesuai dan telah memenuhi unsur sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Bank Indonesia.
    3. “Akun” atau “Akun Anda” adalah identifikasi khusus yang dibuat di Ayopop berdasarkan permintaan pendaftaran Anda.
    4. “Data” adalah setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dari waktu ke waktu (termasuk pada saat Anda mengunduh (download) Aplikasi) Anda sampaikan kepada Kami/Penyedia Layanan atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Aplikasi ini.
    5. “Kami” adalah PT Ayopop Teknologi Indonesia.
    6. “Layanan” berarti setiap layanan, program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas dan/atau jasa yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam atau melalui Aplikasi Ayopop.
    7. “Layanan Pelanggan (Call Center Ayopop)” adalah fungsi customer service center untuk pengguna yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon, chat dan/atau email.
    8. “Pengguna Ayopop” adalah pengguna Aplikasi Ayopop.
    9. “Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
    10. “Transaksi” berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui Aplikasi / Akun, termasuk penggunaan Layanan atau fitur - fitur tertentu dalam Layanan atau Aplikasi.
  2. Jenis dan Fitur Produk Uang Elektronik Yang Diterbitkan Oleh Ayopop

  3. Jenis Uang Elektronik

    Unregistered

    Registered

    Saldo Maksimum

    RP 2 Juta

    Rp 10 Juta
    (Ayopop membatasi nilai Topup maksimal sebesar Rp. 5 Juta per transaksi Topup)

    Batas Transaksi

    Setiap pengguna diperbolehkan untuk transaksi sampai batas maksimal transaksi berupa Rp 20 juta rupiah setiap bulannya.

    Fitur Transaksi

      • Pengisian Ulang (top up AyoSaldo);
      • Pembelian produk;
      • Pembayaran tagihan;
      • Pengisian Ulang (top up AyoSaldo);
      • Pembelian produk;
      • Pembayaran tagihan;
      • Pemindahbukuan AyoSaldo(Cash Out);
      • Transfer dana;

    Fitur Keamanan

    1. Mobile Application Password (Fingerprint Support)
    2. Fitur PassCode
    3. One Time Password (OTP)
    1. Mobile Application Password (Fingerprint Support)
    2. Fitur PassCode
    3. One Time Password (OTP)

    Persyaratan

    Pendaftaran pada Aplikasi Ayopop dengan menyertakan:

    • Nama lengkap;
    • Nomor telepon/HP;
    • Rentang Umur;

    Menyetujui Syarat dan ketentuan penggunaan Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Ayopop.

    Pendaftaran pada Aplikasi Ayopop dengan menyertakan:

    • Foto Kartu Identitas - KTP;
    • Foto Selfie dengan kartu identitas asli;
    • Nomor kartu identitas;
    • Menjalani proses Video Call dengan petugas Ayopop;


    Menyetujui Syarat dan ketentuan penggunaan Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Ayopop.

  4. Lingkup dan Manfaat produk dan Risiko Menggunakan Layanan Aplikasi Ayopop
    1. Lingkup
    2. Syarat dan Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh pengguna yang menggunakan salah satu atau beberapa atau seluruh layanan yang tersedia di Aplikasi Ayopop, dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Kami.
    3. Manfaat produk
    4. Dengan mengakses Aplikasi Ayopop, Anda dapat melakukan pembayaran secara online melalui internet dengan Ayosaldo terhadap beberapa Layanan yang disediakan oleh Aplikasi Ayopop.
    5. Risiko Mengakses dan Menggunakan Layanan Aplikasi Ayopop
    6. Dengan mengakses Aplikasi Ayopop melalui internet, Anda telah mengetahui dan memahami dan menyetujui bahwa akses dan jaringan internet yang tersedia saat ini terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tidak dapat dikendalikan oleh siapapun termasuk Kami, sehingga Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Kami tidak menjamin:

      1. Aplikasi Ayopop akan selalu dapat diakses oleh Anda dimanapun dan kapanpun.
      2. Layanan dan transaksi pembayaran yang terjadi di Aplikasi Ayopop akan selalu berhasil.
      3. Layanan dan Aplikasi Ayopop akan selalu aman dan bebas dari infiltrasi.
  5. Panduan Singkat
    1. Aplikasi Ayopop dapat dioperasikan melalui HP Android dan juga iOS dan dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple Store.
    2. Untuk dapat mengakses layanan dalam Aplikasi Ayopop, Pengguna Aplikasi Ayopop harus mengunduh dan melakukan instalasi Aplikasi Ayopop di telepon genggam (handphone) dan kemudian membuat Akun melalui Aplikasi Ayopop. Anda perlu memberikan Data/informasi/dokumen yang valid, akurat dan terbaru tentang diri Anda saat membuat Akun. Atas permintaan peningkatan dari Akun Aplikasi Ayopop Unregistered menjadi Akun Aplikasi Ayopop Registered maka Kami akan melakukan verifikasi atas informasi/dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna Aplikasi Ayopop Registered.
    3. Setiap 1 (satu) nomor telepon genggam (handphone) hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) Akun. Pengguna Aplikasi Ayopop wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor telepon genggam (handphone) milik Pengguna Aplikasi Ayopop sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor telepon genggam (handphone) milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna Aplikasi Ayopop sepenuhnya dan Pengguna Aplikasi Ayopop dengan ini membebaskan Kami dari segala macam tuntutan, gugatan dan/atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
    4. Dalam menggunakan Aplikasi Ayopop atau melakukan Transaksi, Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi instruksi dengan menggunakan PIN dan/atau kode verifikasi berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP) yang dikirimkan ke nomor telepon genggam (handphone) yang terdaftar di Akun Anda.
    5. Anda tidak diperkenankan untuk memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain. Anda setuju untuk menanggung setiap resiko terkait pengungkapan informasi keamanan Anda kepada pihak lain manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
    6. Saldo AyoSaldo tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun karena bukan merupakan tabungan/simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang tentang Perbankan, Undang-undang tentang Perbankan Syariah serta peraturan perundang undangan terkait perbankan lainnya dan tidak akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
    7. Aplikasi Ayopop memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan Data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    8. Anda dapat menanyakan atau memberi masukan kepada kami melalui Contact Center Layanan Pelanggan Ayopop (+62-851 7528 9981) maupun email customerservice@ayoconnect.id.
  6. Pengisian (Top up), Penarikan (Cash Out) dan Transfer
    1. Top-Up dan Cash Out pada AyoSaldo Anda dapat dilakukan melalui mekanisme atau channel-channel Top-Up dan Cash Out yang Kami ataupun pihak ketiga/mitra Kami sediakan, termasuk melalui channel-channel bank-bank tertentu atau pihak ketiga lain yang Kami informasikan. Layanan ini dapat dikenakan biaya tertentu oleh pihak ketiga/mitra terkait.
    2. Anda memahami bahwa Top-Up yang dilakukan melalui mekanisme atau channel channel Top-Up yang disediakan oleh pihak ketiga/mitra dapat mengalami gangguan sistem dan/atau jaringan dari waktu ke waktu, namun demikian Kami senantiasa berusaha menjaga tingkat layanan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami.
    3. Jika pihak ketiga/mitra memungkinkan fitur direct debit dan/atau auto top-up dari sumber dana Anda yang terdapat di pihak ketiga, maka Anda memahami bahwa registrasi atas fitur tersebut akan Anda lakukan langsung dengan pihak ketiga terkait. Tanggung jawab Kami terbatas pada meneruskan instruksi yang Anda berikan kepada Kami terkait aktivitas direct debit dan/atau auto top-up tersebut. Keluhan yang timbul terkait registrasi fitur direct debit dan/atau auto top-up dan autentikasi instruksi di sistem pihak ketiga/mitra bukan merupakan tanggung jawab Kami.
    4. Cash Out dan transfer pada AyoSaldo hanya dapat Anda lakukan maksimal senilai saldo AyoSaldo Anda pada saat akan melakukan Cash Out dan transfer, dikurangi biaya jasa yang berlaku. Kami akan menginformasikan biaya jasa yang berlaku dari waktu ke waktu. Biaya jasa yang berlaku untuk Cash Out akan dipotong dari saldo AyoSaldo saat Cast Out sedang diproses.
    5. Cash Out dan transfer AyoSaldo hanya dapat dilakukan oleh akun Ayopop registered. Cash Out hanya boleh dilakukan dengan penarikan tunai saldo AyoSaldo ke rekening tabungan di suatu bank, atas nama Anda. Cash Out tidak ditujukan untuk penarikan ke akun virtual dan/atau akun selain rekening tabungan di bank dimana nama Anda adalah sebagai penerima manfaat daripadanya. Cash Out yang Anda lakukan ke akun selain rekening tabungan di bank, atas nama Anda sebagai penerima manfaat, adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda.
    6. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi akibat kesalahan dalam menginput informasi rekening bank oleh Pengguna Ayopop dalam instruksi Cash Out.
    7. Kami dapat menetapkan nilai minimal Cash Out yang dapat Anda lakukan untuk setiap Cash Out. Kami akan menginformasikan dari waktu ke waktu nilai minimal Cash Out yang berlaku.
  7. Pembelian Produk Digital dan Pembayaran Tagihan
    1. Pembelian isi ulang pulsa hanya dapat dilakukan melalui Ayopop dengan denominasi yang tersedia atau sesuai dengan petunjuk yang ditampilkan dalam Aplikasi Ayopop
    2. Pembayaran tagihan dapat dilakukan kepada pihak ketiga/mitra yang telah bekerjasama dengan Ayopop sebagaimana termuat dalam daftar tagihan yang ditampilkan dalam Ayopop.
    3. Pengguna Ayopop dapat melakukan Transaksi Pembayaran menggunakan Ayosaldo untuk melakukan pembayaran antara lain pembayaran tagihan atau pembelian produk digital pihak ketiga yang memiliki kerjasama dengan Kami.
    4. Saldo AyoSaldo Anda dapat digunakan seluruhnya sampai bersaldo nihil tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini.
    5. Saldo AyoSaldo Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama saldo AyoSaldo Anda mencukupi. Jika saldo AyoSaldo Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda.
    6. Jika Anda meminta pengembalian uang, maka Anda menyampaikan klaim pengembalian uang kepada Kami selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal Transaksi dengan menyampaikan bukti pendukung yang cukup. Atas dasar bukti pendukung yang diberikan Kami akan memproses pengembalian uang berdasarkan hasil tinjauan kami atas klaim tersebut.
    7. Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Kami tidak memiliki kontrol atas legalitas barang atau jasa yang dibayar dengan layanan kami, legalitas barang atau jasa merupakan tanggung jawab pihak ketiga penyedia barang atau jasa.
  8. Registrasi Akun
    1. Anda perlu untuk melakukan registrasi di aplikasi Ayopop dengan menyampaikan informasi yang benar, tepat dan terbaru dari data diri Anda.
    2. Anda perlu memahami bahwa detil informasi log-in Anda adalah rahasia dan karenanya Anda tidak akan mengungkapkan detil informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun, termasuk password rahasia berupa Kode Sandi Sekali Pakai (One Time Password/OTP) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon terdaftar Anda setiap kali ada percobaan log-in ke akun Anda. Kami atau petugas Kami tidak akan menanyakan kode sandi Anda (kecuali pada halaman di aplikasi AYOPOP Anda ketika Anda masuk ke Akun AYOPOP Anda melalui aplikasi AYOPOP di ponsel pintar Anda). Anda setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi log-in Anda kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan itu.
    3. Anda akan diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara elektronik atau langsung ke kantor Kami atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan layanan tertentu yang disediakan bagi pengguna AYOPOP terverifikasi atau sebagaimana diperlukan.
    4. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai calon pengguna AYOPOP terverifikasi.
    5. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Kami sewaktu-waktu dapat menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status penggunaan Anda menjadi pengguna AYOPOP tidak terverifikasi (jika sebelumnya Anda telah menjadi pengguna AYOPOP terverifikasi) apabila terdapat keraguan atas kebenaran dan/atau ke-sah-an serta ketidaklengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan.
    6. Untuk menghindari penyalahgunaan Akun AYOPOP Anda, Kami akan menghentikan layanan AYOPOP jika dokumen atau informasi yang Kami minta tidak dilengkapi, tidak disampaikan dan/atau dilengkapi atau disampaikan namun tidak sesuai.
    7. Registrasi akun AYOPOP hanya dapat dilakukan oleh Anda sendiri sebagai subjek hukum. Anda menjamin bahwa registrasi akun AYOPOP Anda ditujukan untuk kepentingan Anda sendiri, bukan kepentingan pihak manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Kami berhak menolak registasi akun AYOPOP yang Anda lakukan untuk kepentingan pihak selain Anda, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.
  9. Informasi Pribadi
    1. Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di akun AYOPOP Anda selalu aktual, Anda perlu untuk segera menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi data pribadi yang telah Anda sampaikan sebelumnya beserta bukti pendukungnya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat surat elektronik, nomor telepon seluler yang Anda daftarkan pada saat pembukaan akun AYOPOP Anda dan/atau dokumen lainnya yang Anda sampaikan dalam proses pengajuan sebagai pengguna AYOPOP terverifikasi.
    2. Segala Penyampaian dokumen atau informasi oleh Anda kepada kami termasuk namun tidak terbatas pada dokumen atau informasi saat registrasi atau informasi saat memberikan komentar pada layanan Kami di halaman ulasan, merupakan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh Kami atas informasi pribadi yang Anda sampaikan, sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan yang sebagaimana dijelaskan dalam kebijakan-privasi kami yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan ketentuan ini (mohon untuk dibaca dan ditelaah terlebih dahulu kebijakan privasi kami sebelum menggunakan Layanan kami).
    3. Kami tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Anda kepada pihak manapun, kecuali kepada instansi pemerintah, moneter, pengawas jasa sistem pembayaran, otoritas berwenang lainnya termasuk pihak kepolisian dalam suatu kasus pidana dan pihak ketiga lainnya yang secara langsung berkepentingan dalam pemrosesan layanan (termasuk pelaku usaha), sepanjang dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan privasi kami.
  10. Persetujuan
    1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menggunakan AYOPOP dan bahwa Anda berusia minimal 21 tahun atau telah menikah dan tidak sedang berada dalam pengampuan.
    2. Jika Anda tidak memenuhi syarat tersebut, Anda menyatakan dan menjamin bahwa pembukaan akun Anda dan aktivitas lain yang Anda lakukan menggunakan AYOPOP telah disetujui oleh orang tua atau pengampu Anda sebagai perwakilan Anda yang dapat bertanggung jawab atas penggunaan AYOPOP.
  11. Batasan Saldo dan Transaksi
    1. Jumlah saldo AyoSaldo Anda dibatasi sebesar: (a) Rp. 2.000.000,- (dua juta Rupiah) jika akun Anda adalah AyoSaldo jenis Unregistered; atau (b) Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah) jika akun Anda adalah AyoSaldo jenis Registered; atau (c) jumlah lain yang lebih kecil sebagaimana Kami tentukan.
    2. Transaksi bulanan AyoSaldo Anda yang bersifat incoming (masuk) tidak dapat melebihi Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) per bulan kalender.
    3. Jika saldo atau transaksi bulanan akun AyoSaldo Anda melewati batas tersebut, maka Kami berhak melakukan verifikasi sebelum melakukan tindakan lebih lanjut, termasuk namun tidak terbatas pada tidak menjalankan perintah transaksi yang Anda sampaikan.
    4. Kami perlu Anda memahami bahwa Kami bukan bank. Saldo akun AyoSaldo Anda bukan merupakan tabungan berdasarkan pengertian hukum yang berkaitan dengan perbankan, tidak tunduk pada program perlindungan oleh Lembaga Penjamin Simpanan dan tidak berhak atas setiap fitur yang umumnya melekat pada rekening bank (seperti bunga, dsb).
  12. Penggunaan
    1. AYOPOP dapat digunakan untuk layanan yang tersedia baik di aplikasi AYOPOP maupun layanan lain di luar aplikasi AYOPOP, sebagaimana Kami informasikan.
    2. Transaksi menggunakan AYOPOP dapat dilakukan dengan pelaku usaha yang merupakan pihak ketiga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Kami dan/atau perusahaan terafiliasi dengan Kami.
    3. AyoSaldo Anda dapat digunakan atau ditransaksikan seluruhnya sampai bersaldo nihil sesuai dengan syarat dan ketentuan ini.
    4. Pelaku usaha yang merupakan pihak ketiga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Kami yang dapat menerima pembayaran menggunakan AyoSaldo dilarang mengenakan biaya tambahan (surcharge) kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi pembelian / pembelanjaan menggunakan AyoSaldo. Jika Anda menemukan pelaku usaha yang mengenakan biaya tambahan (surcharge) kepada Anda sebagai pengguna atas pembayaran transaksi pembelanjaan menggunakan AyoSaldo, silahkan hubungi kami di customerservice@ayoconnect.id
    5. Cara penggunaan dan/atau metode pembayaran dapat berubah dan/atau bertambah dari waktu ke waktu, sebagaimana Kami informasikan. Informasi tersebut akan kami sampaikan terlebih dahulu kepada Pengguna melalui cara – cara yang akan kami tetapkan.
    6. AyoSaldo Anda akan dikurangi secara otomatis dengan jumlah yang dimasukkan atau dikonfirmasi oleh Anda untuk pembayaran terkait, selama AyoSaldo Anda mencukupi. Jika AyoSaldo Anda tidak mencukupi pembayaran terkait, Kami dapat menolak memproses pembayaran Anda atau jika layanan Kami memungkinkan pembayaran sebagian (partial payment), maka Anda akan diwajibkan membayar selisihnya menggunakan uang tunai atau cara lainnya yang kami tentukan.
    7. Transaksi yang telah Anda konfirmasi dan Kami proses, tidak dapat dibatalkan. Bermakna anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang telah kami tentukan dan pembatalan hanya dapat dilakukan apabila terbukti kesalahan ada di Pihak Ayopop.
    8. Anda memahami bahwa Kami merupakan penyelenggara jasa sistem pembayaran. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh pihak ketiga wajib Anda sampaikan langsung kepada pihak ketiga terkait.
    9. Perlu Anda mengerti bahwa penggunaan akun AYOPOP Anda dan/atau layanan AYOPOP merupakan tanggung jawab pribadi Anda. JANGAN MEMBERI AKSES ATAU MEMBIARKAN ORANG LAIN UNTUK MENGAKSES AKUN AYOPOP Anda. Anda setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui akun AYOPOP Anda akan dianggap telah diotorisasi oleh Anda atau berdasarkan perintah / persetujuan Anda dan oleh karenanya adalah perintah transaksi Anda. Kami tidak bisa dan tidak akan bisa dimintakan pertanggungjawaban atas setiap kerugian atau klaim yang timbul karena penggunaan akun AYOPOP anda dan/atau layanan AYOPOP yang dilakukan dengan melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
  13. PIN (Pengamanan Akun)
    1. Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan akun AYOPOP Anda, Anda perlu untuk mendaftarkan enam urut angka sebagai kode PIN akun AYOPOP Anda.
    2. Security Code dibuat oleh Pengguna AYOPOP saat melakukan registrasi akun, yang terdiri dari 6 (enam) digit angka yang tidak boleh berulang atau berurutan.
    3. Kode PIN Anda akan diperlukan untuk pembayaran dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.
    4. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.
    5. Untuk beberapa smartphone tertentu, terdapat kapabilitas mengaktifkan biometric recognition sebagai pengganti security code. Segala hal yang terjadi dengan diaktifkannya fitur tersebut merupakan tanggung jawab Anda.
  14. Pemblokiran Akun
    1. Atas permintaan Anda, Kami akan memblokir akun AYOPOP Anda dan penggunaan layanan AYOPOP dengan akun AYOPOP Anda. Selain itu, jika menurut pertimbangan Kami, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Kami atau Anda, Kami juga akan melakukan pemblokiran tersebut. Namun demikian, kami menyediakan jalur pengajuan keluhan bagi Anda sesuai ketentuan butir 21 di bawah.
    2. Pemblokiran akun dapat terjadi termasuk, namun tidak terbatas pada, kejadian-kejadian berikut ini:
      1. Laporan Anda bahwa telepon selular Anda hilang atau dicuri atau diretas;
      2. Perintah pemblokiran yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter atau aparat penegak hukum berdasarkan perintah pengadilan;
      3. Akun AYOPOP tidak digunakan untuk jangka waktu minimum selama 6 bulan berturut-turut;
      4. Penggunaan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP Anda dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, ketentuan penggunaan aplikasi AYOPOP, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain di aplikasi AYOPOP, kebijakan privasi AYOPOP dan setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
      5. Alasan lain yang merugikan Anda atau Kami, termasuk tindakan abusive dan fraud atau ketika sistem kami menangkap pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
    3. Jika akun AYOPOP Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada hal mencurigakan yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini. Setelah memeriksa keluhan Anda, kami dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran akun AYOPOP Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah berakhir.
  15. Penutupan Akun
    1. Akun AYOPOP Anda dapat ditutup, dimana untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya (permanen berdasarkan pertimbangan atau keputusan Kami yang Kami angap baik, apabila karena hal-hal sebagai berikut:
      1. Permintaan oleh Anda sendiri selaku pemilik Akun, dengan ketentuan Anda telah menyelesaikan segala kewajiban Anda kepada Kami;
      2. Anda meninggal dunia atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Anda wakili dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;
      3. Akun atau Transaksi dalam akun Anda dinyatakan fraud (berdasarkan hasil investigasi Kami sendiri dan/atau dengan pihak kepolisian, dan/atau pihak ketiga); d.Kebijakan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      4. Force Majeur terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut; dan/atau
      5. Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun. Penutupan akun di atas dilakukan dengan telah menyelesaikan kewajiban dan biaya yang timbul karenanya.
    2. Apabila akun AYOPOP Anda ditutup, maka setelah verifikasi dilakukan, kami akan mengembalikan AyoSaldo Anda melalui metode yang disepakati bersama antara para pihak, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada) , kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari AyoSaldo Anda, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau dihasilkan dari penipuan dan/atau tindak pelanggaran hukum.
    3. Akun AYOPOP Anda akan diakhiri secara otomatis atau ditutup ketika Anda menutup akun AYOPOP Anda.
  16. Penolakan Transaksi

    Kami dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Anda jika Anda melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

  17. Biaya

    Dalam penggunaan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP, Anda dapat dikenakan biaya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya pengisian (top-up), penarikan (withdrawal), transfer dan/atau biaya transaksi yang dilakukan melalui kanal pihak ketiga, yang dapat ditetapkan oleh kami dan/atau pihak ketiga tersebut, atau biaya atas pengaktifan kembali akun AYOPOP yang telah dinonaktifkan oleh kami dan/atau pihak ketiga tersebut, atau biaya atas pengaktifan kembali akun AYOPOP yang telah dinonaktifkan. Keterangan mengenai jumlah biaya yang dikenakan akan kami sediakan melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.

  18. Tanggung Jawab dan Kewajiban Anda
    1. Anda hanya dapat mengakses atau menggunakan Aplikasi AYOPOP :
      1. sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini;
      2. untuk tujuan yang sah; dan
      3. tidak digunakan untuk (i) tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun, (ii) melakukan Transaksi dengan tujuan, kegiatan, aktivitas atau aksi yang melanggar hukum atau melanggar hak atau kepentingan (termasuk Hak Kekayaan Intelektual atau hak privasi) milik pihak manapun; (iii) melakukan transaksi yang memiliki materi atau unsur yang berbahaya atau yang merugikan pihak manapun, atau yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan yang mengganggu/merusak integritas, reputasi atau kinerja Aplikasi AYOPOP dan sistem pendukungnya.
    2. Anda bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah mengunduh ( download) perangkat lunak yang benar untuk perangkat Anda. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Aplikasi AYOPOP atau jika Anda telah mengunduh (download) versi software yang salah untuk perangkat Anda.
    3. Sebagai tambahan dari tanggung jawab Anda yang diatur dalam bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda bertanggung jawab atas

      1. Keamanan telepon seluler Anda yang digunakan untuk mengakses akun AYOPOP termasuk secara wajar menjaga dan menyediakan memori penyimpanan yang cukup untuk mencegah setiap kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan AYOPOP yang disebabkan oleh kegagalan fungsi telepon seluler Anda, Anda diwajibkan untuk memastikan tidak memberitahukan informasi keamanan Anda kepada pihak lain manapun. Setiap perintah Transaksi yang dibuat melalui akun AYOPOP Anda dari Aplikasi AYOPOP atau Partner yang telah Anda berikan otorisasi baik dengan pin untuk beberapa smartphone tertentu, akan dianggap sebagai perintah/instruksi Anda yang benar, sah,atau valid kepada AYOPOP untuk memproses transaksi tersebut.
      2. Kemanan dan validitas nomor telepon seluler yang Anda daftarkan untuk mengakses akun AYOPOP, karenanya Kami tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang timbul jika nomor telepon seluler yang Anda daftarkan dikuasai oleh pihak lain, menjadi tidak aktif berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi dan/atau menjadi dormant;
      3. Setiap transaksi yang Anda lakukan, Anda wajib berhati-hati ketika menggunakan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP, termasuk namun tidak terbatas pada ketika memilih menu transaksi, tujuan pembayaran, memasukkan nilai pembayaran dan lain sebagainya. Anda akan memastikan bahwa Anda hanya akan mengikuti instruksi transaksi yang diterbitkan oleh AYOPOP sesuai transaksi yang Anda setujui; dan
      4. Setiap kerugian, klaim, tuntutan dan/atau biaya yang timbul, termasuk dari pihak lain kepada Kami, yang timbul karena kesalahan Anda dalam menggunakan akun AYOPOP, layanan AYOPOP, fitur AYOPOP dan/atau aplikasi AYOPOP, termasuk
      5. namun tidak terbatas pada yang dikarenakan oleh ketidakhati-hatian dalam bertindak, kecerobohan atau penyalahgunaan akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan akun AYOPOP Anda. Anda akan menanggung segala kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian Anda, termasuk apabila Anda lalai dalam menjaga keamanan akun AYOPOP Anda, dan dengan ini menyatakan untuk menyetujui dan membebaskan AYOPOP dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian yang timbul atas kelalaian tersebut.
  19. Tanggung Jawab Kami
  20. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan akun AYOPOP Anda, yang dapat dibuktikan terjadi karena kelalaian berat atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Dalam setiap hal apapun, maksimal tanggung jawab Kami hanya terbatas pada jumlah saldo terakhir AyoSaldo Anda yang ada di sistem Kami

  21. Kerjasama dengan Pihak Ketiga
    1. Anda setuju bahwa Kami dapat membagikan Informasi dan/atau data Anda untuk digunakan oleh Partner AYOPOP sebagai pengelola layanan untuk tujuan-tujuan tertentu; termasuk namun tidak terbatas pada menyimpan, melakukan segmentasi dan analisis terhadap Informasi dan/atau data Anda untuk dapat memproses dan meneruskan permintaan Anda (sebagaimana relevan).
    2. Apabila terdapat perjanjian antara Anda dengan Partner AYOPOP (“Perjanjian Partner”), yang menyebutkan bahwa Anda menyetujui untuk melakukan pembayaran kewajiban Anda kepada Partner AYOPOP melalui AYOPOP, maka Kami dengan ini dapat melakukan tindakan pendebetan saldo AyoSaldo dalam akun Anda secara otomatis. Hal ini dalam rangka untuk pemenuhan seluruh kewajiban pembayaran Anda kepada Partner AYOPOP (berdasarkan Perjanjian Partner). Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi,untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
    3. Pengguna setuju dan menundukkan diri pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi AYOPOP serta syarat dan ketentuan yang lebih khusus dalam produk atau fitur kerjasama Partner AYOPOP dengan PT Ayopop Teknologi Indonesia yang dapat diakses dalam A plikasi AYOPOP, baik yang tersedia saat ini maupun di masa mendatang dengan pemberitahuan sebelumnya, termasuk namun tidak terbatas pada bentuk kerjasama merchant, partner (termasuk bank), aggregator,maupun jasa layanan pembayaran/keuangan lainnya.
    4. Pengguna yang melakukan Transaksi menggunakan layanan pembayaran pada Aplikasi AYOPOP melalui aplikasi atau platform milik pihak ketiga/partner/merchant yang bekerjasama dengan AYOPOP, maka Pengguna mengerti dan memahami untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang lebih khusus yang diatur oleh pihak ketiga tersebut dan/atau syarat dan ketentuan khusus yang ditetapkan lebih lanjut oleh AYOPOP pada aplikasi pihak ketiga tersebut (sebagaimana relevan). AYOPOP tidak bertanggung jawab atas kelalaian/kesalahan Pengguna yang melakukan Transaksi di aplikasi milik pihak ketiga tersebut.
  22. Ganti Rugi
  23. Dengan mendaftar dan menggunakan akun AYOPOP dan layanan AYOPOP, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:

    1. Pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik direferensikan atau tidak di sini;
    2. Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan transaksi di AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP;
    3. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP oleh Anda atau pihak lain menggunakan akun AYOPOP Anda;
    4. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik disengaja maupun berupa kelalaian; atau
    5. Pemblokiran akun AYOPOP Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

    Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku terlepas dari penutupan akun AYOPOP Anda Jika anda tidak dapat menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi Ayopop sebagai akibat pengoperasian sistem dari pihak Kami yang secara tidak tepat, yang disebabkan oleh salah satu alasan di bawah ini, Anda setuju untuk tidak mewajibkan Kami untuk menyampaikan pemberitahuan mengenai penghentian sementara atau pemeliharaan sistem pada Layanan dan Aplikasi Ayopop Kam dan akan melepaskan dan membebaskan Kami dari segala klaim, kerusakan, dan kerugian yang timbul dalam hal;

    1. Terjadinya kegagalan transmisi data, yang disebabkan oleh gangguan atau penghentian sementara peralatan dan/atau sistem telekomunikasi;
    2. Terjadinya kegagalan pengoperasian sistem yang disebabkan oleh peristiwa keadaan kahar, yang meliputi, namun tidak terbatas pada angin topan, gempa bumi, tsunami, banjir, pemadaman listrik, perang, serangan teroris, yang berada di luar kendali wajar kami; atau
    3. Terganggu atau tertundanya Layanan yang disebabkan oleh peretasan, pemeliharaan, penggantian ke versi yang lebih baru (upgrade),lembaga perbankan atau badan regulasi, dan sebab-sebab lainnya.
  24. Permasalahan dan Keluhan
    1. Kami melakukan usaha terbaik untuk menjaga keamanan sistem, termasuk sistem pencatatan transaksi Anda secara elektronik di server Kami. Data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang dicatat di sistem Kami merupakan data dan saldo dan/atau sejarah transaksi yang final dan mengikat Kami dan Anda.
    2. Kami memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Anda yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Anda atas akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP. Meskipun demikian, Kami hendak menekankan kepada Anda bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko atas informasi Anda dan penggunaan Akun AYOPOP dan/atau Layanan AYOPOP. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda setuju untuk melepaskan Kami dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan adanya virus, kerusakan, gangguan, bentuk lain dari gangguan sistem yang diakibatkan oleh pihak selain kami atau akses tanpa otorisasi yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan itikad tidak baik. Kami menganjurkan Anda untuk memberitahu Kami segera jika Anda mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Kami dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.
    3. Anda setuju untuk tidak merusak, mengubah atau memodifikasi akun AYOPOP Anda atau mencoba merusak, mengubah atau memodifikasinya dengan cara apapun.
    4. Kami tidak bertanggung jawab jika Anda tidak memiliki perangkat yang memadai atau jika Anda mengunduh versi yang salah dari AYOPOP ke perangkat Anda.
    5. Kami berhak untuk melarang Anda menggunakan AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP lebih lanjut jika Anda menggunakan dengan perangkat yang tidak memadai atau perangkat yang tidak terotorisasi atau untuk tujuan lain sebagaimana AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP dimaksudkan untuk digunakan.
    6. Kami perlu Anda memahami bahwa dalam hal top-up, pemindahbukuan dan/atau transfer melalui pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada bank tertentu, terdapat kemungkinan kegagalan sistem dari pihak ketiga tersebut. Kami tidak bertanggung jawab atas masalah ini.
    7. Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo dan/atau transaksi pada akun Anda, apabila menurut catatan Kami telah terjadi transaksi tidak wajar di akun Anda. Koreksi tersebut termasuk atas pertimbangan dan keyakinan Kami yang wajar untuk melakukan penahanan sebagian atau seluruh dan penarikan atas saldo akun AYOPOP Anda berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penggelapan, penyalahgunaan, dan/atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
    8. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu untuk melakukan koreksi atas saldo akun AYOPOP Anda.
    9. Jika telepon seluler Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, mohon segera memberitahu Kami melalui akun surat elektronik yang terdaftar di akun AYOPOP Anda atau melalui telepon ke Customer Care AYOPOP. Jika terjadi transaksi setelah telepon seluler Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, namun Anda belum memberitahukan kepada Kami dengan cara demikian, maka pembayaran yang terjadi dianggap sah.

      Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan penyampaian informasi apapun terkait fitur AYOPOP, Anda dapat menyampaikannya melalui surat elektronik ke alamat customerservice@ayoconnect.id atau whatsApp ke +62-851 7528 9981.

    Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan, jika data Anda tidak sesuai dengan data yang tertera pada sistem Kami. Kami akan memeriksa atau melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Kami sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di perusahaan Kami setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.

  25. Koreksi
    1. Dalam hal menurut catatan Kami terjadi kesalahan dalam transaksi, maka Kami dapat melakukan koreksi terhadap saldo AYOPOP Anda. Kami tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo AYOPOP Anda tanpa bukti atau dasar yang kuat adanya kesalahan dalam transaksi. Anda dapat menyampaikan permintaan koreksi kepada Kami melalui jalur yang Kami sediakan. Kami akan mengambil langkah – langkah yang diperlukan dan memutuskan kasus per kasus.
    2. Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, Anda dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo AYOPOP Anda. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir karena alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, kecuali Anda menutup akun Anda.
  26. Pernyataan dan Jaminan
  27. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:

    1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika anda di bawah usia 17 (tujuh belas) tahun atau di bawah pengampuan, Anda menjamin bahwa pembukaan akun AYOPOP telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda yang sah.
    2. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku Pengguna merupakan pihak yang cakap untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh AYOPOP.
    3. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah individu yang sah secara hukum untuk terikat dalam perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, secara khusus terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    4. Penggunaan atas Akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP merupakan pengakuan dan persetujuan Pengguna untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan Aplikasi AYOPOP termasuk Kebijakan Privasi; (ii) syarat dan ketentuan khusus AYOPOP yang bekerja sama dengan penyedia aplikasi pihak ketiga; (iii) syarat dan ketentuan khusus terkait promo; (iv) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi AYOPOP; (v) kebijakan privasi; dan (vi) setiap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    5. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna akan menggunakan AYOPOP secara wajar sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini serta peraturan perundang undangan yang berlaku di Republik Indonesia, serta tidak akan melakukan tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari, menembus, dan/atau memanfaatkan celah sistem keamanan ataupun menyebabkan gangguan dan/atau kerusakan pada sistem AYOPOP, melakukan penyalahgunaan Akun AYOPOP, produk dan fitur-fitur dalam aplikasi AYOPOP, maupun menyebabkan kerugian bagi AYOPOP dan/atau Pengguna lain. Pengguna bertanggung jawab atas segala konsekuensi terhadap pelanggaran ketentuan ini.
    6. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa AyoSaldo yang dipergunakan dalam Transaksi bukanlah AYOPOP yang berasal dari tindak pidana yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, pembukaan Akun AYOPOP tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, Transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan Dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, dan Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya serta melepaskan AYOPOP dari segala tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apapun.
    7. Pengguna dengan ini menyatakan bersedia melengkapi seluruh data atau permintaan data atau dokumen tambahan yang diajukan dan.atau dimintakan oleh AYOPOP sehubungan dengan adanya penelusuran/pemeriksaan lanjutan atas adanya dugaan transaksi mencurigakan dan/atau terindikasi melanggar Syarat dan Ketentuan atau Ketentuan peraturan perundang-undangan, khususnya namun tidak terbatas untuk keperluan audit otoritas terkait termasuk namun tidak terbatas pada audit oleh Bank Indonesia.
    8. Pengguna menyatakan dan menjamin tidak akan dengan alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/dokumen yang telah disampaikan kepada AYOPOP dan karenanya AYOPOP berhak menggunakan data dan informasi tersebut sehubungan dengan layanan Transaksi atau terkait urusan administrasi rekening Pengguna pada AYOPOP atau promosi dan program-program pemasaran AYOPOP, kecuali diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
    9. Pengguna menyatakan dan menjamin akan memperbaharui dan memberitahukan kepada AYOPOP apabila ada perubahan data terkait dengan Pengguna yang telah didaftarkan dan/atau disampaikan kepada AYOPOP;
    10. Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan setuju bahwa layanan yang disediakan melalui AYOPOP disediakan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia”, tanpa adanya jaminan dari AYOPOP bahwa layanan yang disediakan melalui AYOPOP sesuai untuk tujuan atau kebutuhan tertentu dari Pelanggan.
    11. Anda bertanggung jawab penuh untuk membayar pajak, bea, atau pungutan, beban dan biaya yang ditetapkan oleh pemerintah, yang mungkin dikenakan terhadap Layanan.
  28. Pembatasan Tanggung Jawab
    1. Uang elektronik bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang Perbankan sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
    2. Layanan disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan layanan Aplikasi AYOPOP.
    3. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
      1. penggunaan Informasi da/atau Data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini termasuk Kebijakan Privasi dan/atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini termasuk Kebijakan Privasi;
      2. pemberian Informasi dan/atau Data baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi AYOPOP yang Anda lakukan secara (i) melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang undangan yang berlaku, (ii) melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun, atau (iii) melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
      3. penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
      4. Apabila ada hal yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan bagian “Pembatasan Tanggung Jawab” ini, Anda dapat menghubungi Kami.
  29. Force Majeure (Keadaan Memaksa)
  30. Layanan Kami dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Kami (Force Majeure), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Kami. Anda oleh karenanya setuju untuk melepaskan Kami dari setiap klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Anda melalui akun AYOPOP baik sebagian maupun seluruhnya karena Force Majeure.

  31. Hak Kekayaan Intelektual
  32. AYOPOP, termasuk nama dan logonya, kode, desain, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh undang – undang hak cipta, merek dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas AYOPOP, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak dan dengan cara apapun tidak akan dianggap sebagai pemberian izin kepada Anda untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual Kami sebagaimana disebutkan di atas.

  33. Tidak ada Pengesampingan
  34. Pengesampingan Kami atau ditundanya atau kegagalan Kami untuk melakukan klaim atas pelanggaran ketentuan manapun dalam Syarat dan Ketentuan ini atau untuk melaksanakan setiap hak yang disediakan dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan sehubungan dengan pelanggaran substansial atas setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  35. Bahasa
  36. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi inkonsistensi antara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia, versi Bahasa Indonesia yang berlaku.

  37. Pengalihan
  38. Anda menjamin bahwa penggunaan akun AYOPOP hanya digunakan oleh Anda dan untuk kepentingan Anda sendiri sebagai pemegang akun sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda tidak boleh mengalihkan hak Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami. Jika ada pihak lain yang menggunakan akun Anda dan/atau jika ada pihak lain yang bertindak sebagai penerima manfaat (Beneficial Owner) Akun Anda selain Anda, maka Anda wajib melaporkan kepada Kami melalui customerservice@ayoconnect.id. Jika tidak ada pelaporan dari Anda mengenai pihak lain sebagai penerima manfaat atau Beneficial Owner maka Anda memberikan jaminan bahwa Anda adalah satu - satunya penerima manfaat atau Beneficial Owner dari Akun Anda.

    Meskipun saldo AYOPOP Anda dapat ditransfer kepada pihak lain, akun AYOPOP Anda tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga lain manapun berdasarkan kewenangan Kami sepenuhnya.

  39. Keterpisahan
  40. Jika setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini ditentukan sebagai ilegal, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, seluruh ataupun sebagian, berdasarkan peraturan atau prinsip hukum manapun, ketentuan atau sebagian daripadanya, sejauh hal tersebut ilegal, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, akan dianggap bukan merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini tetapi legalitas, validitas atau pelaksanaan dari ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini tidak akan berpengaruh.

  41. Hukum yang Mengatur
  42. Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan maka AYOPOP dan Pengguna setuju untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalan musyawarah. Dalam hal musyawarah mufakat tidak tercapai dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender, s etiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan layanan Kami akan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

  43. Perubahan
  44. Syarat dan Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan yang ditawarkan dalam akun AYOPOP, dapat dimodifikasi, ditambahkan, atau diubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Anda.

    Dalam hal terjadi perubahan fee yang tidak diterbitkan secara langsung oleh Ayopop, maka perubahan fee yang dimaksud merupakan tanggung jawab pihak ketiga yang melakukan kerja sama dan / atau berafiliasi dengan Ayopop.

    Penggunaan Anda secara berkelanjutan atas AYOPOP setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut. Jika Anda ingin menolak modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan AYOPOP dan/atau layanan kami serta mengakhiri Syarat & Ketentuan Penggunaan ini

  45. Kebijakan Privasi
  46. Data personal Anda akan dijaga berdasarkan Kebijakan Privasi Kami. Kebijakan Privasi dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan persetujuan Anda atas Syarat dan Ketentuan ini merupakan penerimaan Anda atas Kebijakan Privasi.

    Penggunaan Anda atas akun AYOPOP dan/atau layanan AYOPOP menandakan persetujuan Anda untuk tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan ini; (ii) syarat dan ketentuan umum penggunaan Aplikasi AYOPOP; (iii) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang tersedia dalam aplikasi AYOPOP; (iv) kebijakan privasi; dan (v) setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  47. Masa Berlaku dan Pengakhiran
    1. Syarat dan Ketentuan ini berlaku sejak Anda menjadi Pengguna AYOPOP dan tetap berlaku selama Anda belum melakukan penutupan akun AYOPOP Anda atau Anda memiliki akun AYOPOP yang aktif.
    2. Anda sepakat dan mengikatkan diri untuk tidak melakukan tindakan apapun yang dapat membatasi, menghambat dan/atau mengurangi satu atau lebih hak dan/atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini maupun hukum yang berlaku.
    3. Anda dengan ini sepakat untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 ayat (2) dan (3) Kitab Undang-undang Hukum Perdata sehingga Syarat dan Ketentuan, Aplikasi dan/atau Layanan dapat diakhiri (baik sebagian maupun seluruhnya, baik sementara waktu maupun seterusnya) sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tanpa diperlukan adanya keputusan atau penetapan dari hakim pengadilan.
    4. Seluruh persetujuan, kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat berakhir karena alasan apapun termasuk
    5. karena alasan-alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Anda masih menggunakan Layanan atau Aplikasi atau masih menggunakan dan/atau memiliki Akun
    6. Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh Klaim sehubungan dengan pelaksanaan segala tindakan Kami berdasarkan kuasa, wewenang dan/atau hak yang Anda berikan kepada Kami dalam atau berdasarkan Syarat dan Ketentuan maupun pelaksanaan hak atau wewenang Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan.
  48. Hubungi Kami
    1. Kami menghimbau Anda untuk segera melaporkan kepada kami melalui kanal-kanal di atas apabila Anda mengalami hal yang tidak biasa dan/atau di luar kewajaran atas Aplikasi AYOPOP Anda untuk segera kami tindak lanjuti.
    2. AYOPOP akan menindaklanjuti setiap penerimaan pengaduan Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  49. Lain-lain
    1. Kegagalan atau tertundanya AYOPOP dalam mengambil tindakan langsung, mengenakan sanksi, atau melaksanakan hak atau kewajiban AYOPOP, dan/atau mengajukan gugatan atau tuntutan terhadap pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, tidak menghapuskan kewajiban Pengguna dan bukan merupakan suatu pengesampingan atas hak AYOPOP untuk mengambil tindakan apapun yang diperlukan di kemudian hari.
    2. Pengguna dilarang dan/atau tidak dapat mengalihkan hak dan kewajibannya dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari AYOPOP berdasarkan pertimbangan dan kebijakan AYOPOP semata. Pengalihan seluruh atau sebagian Saldo AYOPOP yang dilakukan oleh Pengguna kepada pihak lain manapun, bukan merupakan pengalihan atau suatu bentuk pengalihan rekening atau akun AYOPOP;
    3. Jika terdapat suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan atas syarat dan ketentuan lain tetap berlaku dan mengikat;
    4. Syarat dan Ketentuan ini baik sebagian maupun seluruhnya termasuk fitur atau layanan yang ditawarkan oleh AYOPOP dapat diubah, diperbaharui, dan/atau ditambah dari waktu ke waktu dengan berdasarkan kepada kebijakan yang berlaku di AYOPOP dan terhadap perubahan, pembaharuan dan/atau penambahan tersebut Pengguna AYOPOP dengan ini menyatakan menerima perubahan, pembaharuan dan/atau penambahan tersebut;
    5. Pengguna akan menerima pemberitahuan mengenai layanan atau promosi terbaru dari AYOPOP melalui media komunikasi pribadi atau melalui aplikasi AYOPOP. Bila Pengguna keberatan untuk menerima pemberitahuan tersebut maka Pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna (Customer Care) AYOPOP.
  50. KETENTUAN PENUTUP
  51. Pengguna mengerti dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol daftar atau tombol masuk atau menandai kotak persetujuan saat akan mengakses AYOPOP merupakan persetujuan Pengguna untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan AYOPOP sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan aplikasi AYOPOP oleh Pengguna.

    AYOPOP dapat mengalihkan hak AYOPOP berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna atau pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.